Halaman

Senin, 10 Desember 2012

Me Vs Jerawat !!!

Jerawat !!?? arghhhh, itu salah satu musuh terbesar dalam hidup aku, well pasti semua cewe deh kayanya :p . Ada jerawat satu pusingnya minta ampun, apalagi jerawat yang banyak, oalahhhhh sampe malu ketemu orang malah *pengalaman pribadi

Sedikit mau share nih, dua bulan yang lalu kira-kira punya jerawat banyak dan super gede pula, hiks :( . Gara - garanya dulu sempet kerja di Tanggerang dan gak cocok sama air plus udaranya, biasanya tinggal di Bogor yang air nya sejuk sama udara yang cukup bersih, eh ini tinggal di tempat yang air buat minum sama masakanya mesti beli air galon, karena airnya yang gak bersih, dan buat mandi pun mesti pake saringan, nasib ya nasib ... Dan alhasil muka pun jadi sarang jarawatt ... huhuhu

Udah coba perawatan yang direkomendasiin temen, sebulan sih lumayan jerawat ilangan, tapi dikarenakan tempat perawatan nya jauh dan susah alat trasportasinya akhirnya udahan deh, dan gak perawatan disana lagi, tapi malang sungguh malang si jerawat makin banyak ajaa !, huaaaa !. Dan mutusin buat perawatan lagi *gakkapok hahaha. Tempatnya deket banget sama rumah, dan deket sama tempat kerja yang sekarang.

Satu bulan pertama perawatan disana alhamdulilah jerawat pada kabur, obat jerawatnya ampuh banget di aku :) . Tapi yaitu, biasa lah cewe klo lagi dateng tamu bulanan tuh jerawat gak kapok muncul di muka. Akhirnya setelah ngomong panjang sama sohib saya yang satu ini --> Rani , nemu deh rahasia cara ampuh ngilangin jerawat, mau tau ? mau tau? hihihi , oke disimak yah

1. Ngilangin jerawat pakai jeruk nipis,


Serius deh ini ampuh banget di aku, kenapa sih jeruk nipis? awalnya gak percaya si jeruk nipis bisa ngilangin jerawat, setelah googling ternyata jeruk nipis ini mengandung Vit C ( Citric Acid ) dosis tinggi yang bisa bersihin kulit kulit mati pada wajah kita, dan bisa mengurangi minyak berlebih pada wajah, Selain itu jeruk nipis juga bisa mencerahkan kulit wajah, memperkecil pori - pori dan bla bla bla ... . Jadi pake si jeruk nipis ini tuh udah satu paket, ngilangin si jerawat, bekas jerawat, bikin cerah wajah plus ngecilin pori - pori, kerennn !!! .

2. Pakai bedak tabur



Klo jerawat lagi bandel gini sih bagusnya kita pakai bedak tabur aja, karena bedak tabur itu kan ringan dan gak nyumbat pori - pori, kalau aku cocok nya pakai bedak marcks. Bedak murah meriah ini juga ternyata kandunganya juga bisa mencegah jerawat loh !, karena mengandung Salicylic acid. Kalau mau baca lebih lengkap tentang bedak marcks bisa dibaca di sini .

3. Pakai Masker Jerawat



Nah nah yang ini juga lumayan ampuh buat si jerawat, aku pakai Masker jerawat dari Mustika Ratu, ini rekomendasi dari Rani :) . Masker jerawat dari Mustika ratu ini manfaatnya buat ngerawat kulit yang berjerawat, melembutkan kulit, ngecilin pori - pori dan ngurangin minyak berlebih pada muka.

4. Pakai obat jerawat

Obat jerawat juga ternyata cocok - cocok kan yah,
Nah kita juga mesti pinter - pinter milih obat jerawat, jangan yang dijual bebas sembarangan tanpa tau apa kandungannya, yang paling aman sih beli aja di apotik

a. Mediklin

Aku pernah pake ini ,  namanya mediklin, kandungam alkohol nya 0,1 % klo gak salah CMIIW, dlu pernah disaranin sama saudara pake ini, karena disuruh dokter mukanya pake ini, kalau ga salah harganya Rp 40.000 .
Make obat jerawat ini harus tipis-tipis bgt make nya, jgn berlebihan, cara kerjanya obt jerawat ini ngeluarin jerawat sampe kluar putih - putihnya sampe si jerawat kering . Mediklin bisa di dapetin di apotik.


B. Tretinoin

Aku juga pernah pake ini, hehehe. Tapi aku gak cocok , hiks :( . Tapi ada sebagian besar orang yang malah ampuh banget pake ini, ini juga bisa di dapetin di apotik, Mau lebih lengkap baca tentang ini, baca disini . Tretinoin yang aku pake merk nya vitacid.

C. Sebamed

Setelah baca tentang produk ini di blog sebelah, aku penasaran banget sama produk ini, kayanya bakal coba beli deh, kayanya produk ini juga ampuh buat ngusir sama mencegah jerawat kalau di "tamu" lagi dateng tiap bulannya, yuk baca tentang sebamed disini

Nah, kalau Rani dia pakai veryl, ini bisa didapetin di supermarket besar kaya giant atau di indomaret juga biasanya ada, banyak juga tuh obat-obat jerawat semacem acne treament series.

4. Atur pola hidup

Yang ini yang paling gampang dan paling susah buat dilakuin, karena sebenernya cara ini aku yakinn banget kalian udah pada tahu tapi pasti pada males buat ngelakuinnya, termasuk aku hahaha

a. Minum banyak air putih, dulu males banget buat minum air putih, malah kadang suka lupa, tapi semenjak pengen ubah pola hidup lebih sehat *ceilehhhh ... akhirnya sekrang sering banget minum air putih. Dan jerawat pun rada males buat nongol di wajah aku .

b. Jangan makan goreng-gorengan apalagi yang di si abang 2000 dapet 3, hahaha , terus kurangin makan sambel plus hindarin makanan yang bisa buat kalian alergi terhadap jerawat. Contohnya aku nih, sekali makan telor besoknya muncul 3 jerawat , errrrr !.

d. Jangan tidur malem, kulit kita itu meregenerasi dari mulai pukul 10.00 malam nah kalau kita tidur malem banget apalagi bergadang yang ada kulit kita kusam dan gak sehat.

Jadi di point ke empat ini mungkin penyebab jerawat kalian yang gak kunjung hilang, mau ke dokter semahal dan secanggih apapun juga kalau pola hidup nya gak dirubah mah ya susah atuh yahh .

5. Jangan gampang stress

Dulu pas punya jerawat satu biji aja pusing minta ampun, skrng mah dibawa enjoy aja, eh bener loh jerawat satu dua yaudahlah biarin, dan ternyata si jerawat cepet ilang.

Nah ini step by step pemakain nya

1. Malam Hari

Milk cleansing - Cuci muka - Pakai masker jeruk nipis - Cuci pakai air hangat - Cuci lagi pakai air tawar biasa - Pakai obat jerawat 

Pagi Hari
Milk cleansing - Cuci muka - Sunblock - Bedak marcks

Cara buat masker jeruk nipis :  potong jeruk nipis, ambil airnya terus pakai di muka kita selama 15 - 20 menit, di pemakaian pertama rasanya perih banget, tapi gpp demi muka kinclong :D . Tapi efek di muka aku pas pagi langsung keliatan cerah dan fresh, aku selama seminggu berturut - turut pakai jeruk nipis terus, besok diselang sehari sama si masker jerawat dari mustika ratu.

FYI : pakai bedak marcks itu bikin muka kering banget, karena bedak ini cocok buat muka berminyak dan acne prone.

Jadi selama jerawatan aku sempet gak pake sunblock selama seminggu, pake bedak marcks ini bener- bener buat muka kelupas :( . Tapi setelah pakai sunblock alhamdulilah udah gak lagi, jadi disaranin pake sunblock dulu sebelum pake bedak ini.




Ini pas awal - awal jerawat muncul,  gede - gede, sakit , perih malu . Dan aslinya lebih banyak dari ini, hiks :(


Ini kurang lebih sebulan jerawat udah pada kempes, tapi liatt !, bekas nya itu loh ...


Dan sebulan kemudian, tara .... alhadmulilah bekas jerawat udah pada memudar :). Di foto ini cuma pake sunblock + bedak marcks

Pake cara tradisional itu worth it kok, emg gak se instan kalau kita pake cream dokter, mesti ekstra sabar banget, tp efek kedepannya bagus, buktinya sekarang jerawat jaranggggg bgt muncul, kecuali kalau mau dapet aja, dan keluar jerawatnya pun gak seheboh dulu, krn tipe muka aku oily dan acne prone.

Sekarang sih tinggal ngilangin si bekas - bekas jerawat nya aja, sama berusaha sekuat tenaga lepas dari cream dokter, semangat sheila !!! *nyemangatindirisendiri . Tapi udah dua mingguan udah mulai lepas dari sunblock sama cream malem jerawatnya, buat sunblock aku pake ristra spf 17, buat jerawat pake si jeruk nipis sama masker mustika ratu.
Muka cerah plus jerawat memudar itu dari aku yang sering maskeran jeruk nipis loh , ting ting *matagenit ..
Buktinya temen kantor pada bilang kalo muka aku cerah dan lebih mulus semenjak rajin maskeran :D

Buat temen - temen yang pada nanya , 

"Aku cocok gak sih pake si jeruk nipis, bedak , masker sama obat jerawatanya ?"

Type muka aku tuh oily plus acne prone, mungkin kalau tipe muka kalian sama kaya aku mungkin cocok, tapi balik lagi ke cocok-cocok kan yah, aku juga pake produk yg sekarang krn hasil trial and eror sampe nemuin yang cocok buat aku.
 

NB : Makasih buat si Rani Nur Kartika yang udah jadi partner sharing :*


                                       Don't copy paste without permission dan without labels                                                                by : sheila novita


17 komentar:

  1. Bener banget tuh info nya,
    si jeruk nipis emang bener ampuh kempesin jerawat2 nakal, aku juga dulu jerawatan n pori2 nya gede tp setelah saran dr ila, alhmdllh lumayan bersih ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah atuh yahh,
      ayo kita rajin maskeran biar muka jd kinclonggg :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. hai kak sheila! salam kenal aku sisil. aku seneng deh baca postingan ini karena aku ngalamin hal yang sama.
    sekitar kelas 3 sma emang muka aku mulai berjerawat, tapi cuma 2 atau 3 dan hilang dengan sendirinya dan kebetulan aku cuek, jadi aku biarkan aja, paling cuci muka aja pagi dan malam kayak biasa (jaman sma biasanya aku pakai ponds, tapi dulu sabun pembersih apa aja gak ngaruh buatku, gak bikin berjerawat). stelah lulus dan kuliah, dan mulai sibuk, aku punya kebiasaan buruk, yakni tidur di angkot dengan posisi telapak tangan kanan megang pipi kanan dan begadang, bahkan lupa cuci muka malam, huaaaa hasilnya... pipi kananku numpuk jerawat... ada juga sih di pipi kiri dan dagu tapi dikit. tapi waktu itu aku masih cuek walaupun ada banyak jerawat, jadi aku pake BB cream dan bedak aja buat nutupin *ngikutin artis korea :p* lalu mungkin karena udah gak terlalu sibuk jerawat mulai hilang. tapi sekitar akhir bulan november 2012 aku mulai sibuk lagi dan kebiasaan lama terulang lagi, jerawat mulai bermunculan lagi, malah kali ini nambah di dahi aku huhu banyak, yang lebih parah ada jerawat di pipi kiriku yang mungkin karena aku pegang jadi infeksi, pipiku jadi sedikit bengkak karena infeksi hebat. akhirnya 5 desember 2012 aku datang ke seorang dokter di kota Bandung, aku dikasih sabun muka, dikasih cream malam (untuk bekas jerawat dan kulit normal) dan gel yang di oles di area jerawat saja. setelah hampir 2 minggu infeksi di pipi aku udah mulai membaik, jerawat juga mulai ilang, bekas jerawat juga menipis. tapi sayang kebiasaan itu cuma bertahan sampai awal tahun 2013... karena aku lagi nganggur, muncul kebiasaan yang lebih buruk... aku biasa makan-makanan seperti coklat, daging, junk food, makanan berminyak, jarang minum, di tambah lagi aku selalu tidur sekitar jam 2-3 pagi. walhasil... jerawat di pipi kanan kumat lagi, pipi kiri juga nambah jerawatnya, di dahi juga ada terutama dahi kanan banyak banget, anehnya jerawat di dagu gak pernah muncul lagi. lalu aku datang lagi ke dokter yang sama, aku dikasih sabun (beda dengan sabun yg awal, sabun yang awal udah ditarik dari apotek2 karena katanya mengandung minyak babi :(), gel untuk jerawat, cream untuk bekas jerawat dan kulit normal, serta kapsul anti jerawat... awalnya memang cukup ampuh... tapi sabun ini bikin muka saya pedih di awal pemakaian, setalah seminggu pemakaian barulah kulit terasa lebih baik (kulit normal aku jadi lebih mulus). bekas jerawat juga mulai memudar... walau jerawat masih timbul karena pola tidur yang belum benar juga. akhirnya karena obat mulai abis dan aku males ke dokter, karena aku pikir percuma bayar mahal tapi pola hidupku belum membaik, akhirnya aku pakai pasta gigi putih untuk jerawat yang muncul... 2-3 hari pemakaian memang kempes tapi aku ngerasa kurang cocok, akhirnya aku pakai jeruk nipis dan olive oil untuk menghilangkan jerawat dan menghilangkan bekasnya, dan alhamdulillah, saya ngerasa cocok pake jeruk nipis, jerawat kempes, kulit juga lebih cerah, olive oil juga bikin bekas jerawat memudar, hasil yang paling signifikan terlihat di dahi aku yang jerawat dan bekas jerawatnya kempes dan memudar. aku juga jadi lebih sering minum air putih sekarang. walaupun jerawat dan bekas jerawat di pipi kanan belum keliatan jelas hasilnya. :') ohiya bersamaan dengan jeruk nipis dan olive oil, aku juga pake Kangen Water karena kata sodaraku ada yang pakai dan kulitnya jadi lebih bagus.
    doakan ya kak biar jerawat di pipiku hilang kaya kakak, soalnya aku baru mau memulai pola hidup yang lebih teratur dan lebih sehat. hehehe.
    makasih, maaf komen panjang lebar :) *curhat tepatnya :p)

    BalasHapus
  4. aku juga dulu jerawatan tapi skrang malah udah nemu perawatan natural sendiri, tapi intinya adalah membersihkan sisa make up atau cuci muka bersih seblum tidur membantu banget loh ;)

    BalasHapus
  5. aku udah sering gonta ganti perawatan alami buat wajah. . .
    dulu stelah aku lepas dari klinik kecantikan, jerawatku dimana-mana tapi kecil2 gt, trus aku pake tomat. .sekitar 1-2 bulan baru kliatan hasilnya, jerawat ilang dan mukaku jd alus, bhkan temen2ku pda tanya "kok mukamu skrg jd bersih?" rahasianya sih pake tomat
    tapi stelah beli tomat di pasar dan ternyata tomatnya ada pestisidanya (pdhl udah ku cuci tp mgkn masih ada) malah bikin mukaku alergi
    trus aku pindah pake jagung --> belum nyampe sebulan udah stop, soalnya makin susah nyari jagung muda hikz
    trus pake daun binahong --> ini ampuh bgt buat ngilangin jerawat, aku pake seminggu udah keliatan hasilnya. tapi kata utiku, dan menurut perasaanku jg, mukaku malah jd kusem. .trus ku stop
    dan sekarang stelah jerawat agak berkurang (berkat binahong), aku pake jeruk nipis buat ngilangin sisa2 jerawat + nyerahin wajah. so far hasilnya ga bikin kusem, tp jerawatnya blm bgitu ilang soalnya belum sebulan pake jeruk nipis ini. rencananya mau ku terusin . .soalnya gampang bgt dapetin jeruk nipis di pasar dket rumah :)

    BalasHapus
  6. Mb,,, mirip bgt jerawat ny kyk aku,,, kucoba ya perawatan kyk mb,,, tp susah dapetin masker mustika ratu yg itu,, n ku bru tw ad masker bwt jerawat ...

    BalasHapus
  7. aku pernah jerawatan parah dan aku bete banget nggak tau harus ngapain.Trus aku coba obat jerawat yang ampuh ini sekarang jerawatku hilang dan obatnya manjur serta aman.

    BalasHapus
  8. pake kayu manis sama madu lumayan bikin kering jerawat, muka jd alus, bs buat peeling jg kl lg banyak komedonya :D
    tp y g bs instan, jerawat gede aq kempes setelah 4x pemakaian, tp y itu, kurang telaten pake nya :p

    BalasHapus
  9. kak mau tanya itu pakek masker jeruk nipisnya tiap hari apa beberapa hari sekali kak ?

    BalasHapus
  10. waaah terimkasih ya infonya sangt bermanfaat sekaliii , aku juga punya info nih yang kalah ampuhnya yuuuk kunjungi info menarik

    BalasHapus
  11. Halo, mohon izin untuk mengangkat kisah pengalaman Anda di blog saya, ya...
    Terima kasih...

    BalasHapus
  12. Kak aku udah pakai jeruk nipis nih.. ini malah muncul kaya luka gt di jerawatnya, itu krna ga cocok apa emng itu normal kak?

    BalasHapus