Halaman

Selasa, 20 Maret 2012

CREAM ANISA berbahaya dan tidak aman??

Udah 3 bulan pakai annisa, wajah langsung clingggg gitu :D
Ini juga rekomendasi dari temen, banyak juga yang pakai, mukanya pd mulus-mulus kaya bayi, dan emang terbukti ampuh, bekas - bekas jerawat udah mulai pada samar-samar, muka juga jd cerah dan lebih putih.

Pokoknya anisa lagi bener-bener naik daun, laris manis. Eh tapi kaget, kemaren dapet info dari temen kalau anisa mengandung  merkuri, awal-awal gak langsung percaya, soalnya suka ada aja yang pengen jatohin, karena anisa emg lagi digandrungin bgt. Temen bilang dia seraching di google kalau anisa mengandung merkuri, sampai ada tes lab dari UI klo anisa itu mengandung MERKURI !, apalagi klo kita tau bahaya merkuri itu ...

Pemakaian kosmetik yang mengandung Merkuri dapat mengakibatkan
1. Dapat memperlambat pertumbuhan janin
2. mengakibatkan keguguran (Kematian janin dan Mandul)
3. Flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar) dan bila pemakaian dihentikan, flek itu dapat / akan timbul lagi & bertambah parah (melebar).
4. Efek REBOUND yaitu memberikan respon berlawanan (KULIT AKAN MENJADI GELAP/KUSAM SAAT PEMAKAIAN KOSMETIK DIHENTIKAN).
5. Bagi Wajah yang tadinya bersih lambat laun akan timbul flek yang sangat parah (lebar).
6. Dapat mengakibatkan kanker kulit.

dan lain-lain, gmn gak serem coba??, akhirnya saya ikut-ikutan searching juga di google, aduh makin jadi aja, banyak yang nyatain klo anisa itu berbahaya, dari bahan-bahan yang terkandung di dalam anisa itu sendiri, brrrr .
Oke, akhirnya nyoba tenang, gmn klo kita check kebenerannya di BPOM RI, buat temen-temen yg mau ngecek kosmetik kalian itu terdaftar gak di BPOM RI check aja di

1. Tulis url   www.pom.go.id

2. Klik tombol yang terletak di tengah bertuliskan 'Produk Teregistrasi'

3. Akan muncul list produk yang sudah teregistrasi dari 7 hari terakhir sampai sebelum tahun 2004. tinggal di pilih tahun dan kategorinya

4. Setelah di klik kategori dan tahunnya akan muncul list daftar kategori yang jumlahnya buanyak bangettttt, ada cara gampangnya kok. Di pojok kanan atas ada link [cari kosmetika/cari makanan] tergantung kategori yang dipilih, yang berfungsi untuk mencari dengan nama atau dengan nomer registrasi.

Tinggal diliat deh, kosmetik , atau obat-obat atau apapun itu yang kamu pakai terdaftar atau ga di BPOM, maaf yah gabisa dikasih gambar, soalnya blog nya lagi rada 'sakit', jd gak bisa maksimal ngasih informasinya ...

Nah saya coba men check keberadaan cream anisa, pas dicari kok gak bisa, aduh makin yakin aja kan yah klo anisa itu gak aman, nama temen saya ternyata dari semalem juga nyari2 info, dan dia kirim email ke BPOM, dan hasilnya, .... penasaran gak? penasaran bgt kan pasti, hahaha . nih aku copas yah isinya ..

------------------------------------------------------------------------------------------------------------
From: "Pusat Informasi Obat dan Makanan" <informasi@pom.go.id>
Sender: "Pusat Informasi Obat dan Makanan" <informasi@pom.go.id>
Date: Tue, 20 Mar 2012 14:56:57 +0700
To: 'Rimma Putri Pangersa'<kalerrfull_imma@yahoo.com>
Subject: RE: annisa cream


Kepada Yth. Sdr. Rimma Putri Pangersa

Terima kasih telah menghubungi layanan informasi PIO Nas melalui email.

Berdasarkan penelusuran pada database kami, produk dengan nomor POM NA18110102183 terdaftar atau ternotifikasi dengan nama produk ANISA Night Cream yang diproduksi oleh PT. Neo Kosmetika Industri yang beralamatkan di Kp. Raden no. 40 Rt.003 Rw. 01 Jatiranggon Jatisampurna Bekasi Indonesia.

Sebagai informasi dapat kami sampaikan bahwa setiap kosmetika yang beredar wajib memenuhi standar dan/atau persyaratan mutu, keamanan, dan kemanfaatan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Untuk itu, sebelum diedarkan di Indonesia harus dilakukan registrasi atau notifikasi untuk dievaluasi persyaratan mutu, keamanan dan kemanfaatan tersebut. Produk kosmetika yang telah teregistrasi atau ternotifikasi ditandai dengan adanya nomor registrasi POM CD/CL/CA atau nomor notifikasi POM NA. Pastikan Saudara menggunakan produk yang telah terdaftar atau ternotifikasi dan telah memiliki nomor registrasi atau nomor notifikasi untuk menjamin mutu, keamanan, dan kemanfaatan produk kosmetik.


Untuk mencari produk kosmetik yang telah ternotifikasi Saudara dapat melihatnya pada menu "Notifikasi Kosmetik Online" pada halaman muka website, kemudian klik "daftar produk" dan masukkan nama produk kosmetik atau nomor registrasinya.


Demikian informasi yang dapat disampaikan. Apabila terdapat pertanyaan lainnya silakan menghubungi kami kembali.


Salam.


Pusat Informasi Obat Nasional

Badan Pengawas Obat dan Makanan

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dan alhamdulilah anisa ternyata aman, mungkin saya masukin data nya dgn format yg salah jd aja gak ketemu, hehehe. Nah klo kamu nemuin hal yg sama, coba aja email ke BPOM nya , Informasi@pom.go.id
Pokoknya klo udh buka situs web BPOM nya cari aja di paling bawah tengah, disitu ada emailnya ko. Tanya aja produk yang kamu pakai itu terdaftar atau gak, cantumin juga no BPOM nya.

Jadi buat temen-temen yg udah pake anisa, jgn kemakan hoax yah, cek dulu kebenarannya sendiri :) .
Syukron .

Don't copy paste without permission dan without labels
by : sheila novita

34 komentar:

  1. Wahh wahhh, sangat bermanfaat. makasih kak infonya.
    salam kenal :)
    ijin follow, follback yah. :)

    BalasHapus
  2. you're welcome :) . alhamdulilah bisa bermanfaat, oke follow aja, iya nanti aku follow back yah:)

    BalasHapus
  3. mbak...saya juga pemakai Anisa dan merasa sangat tertipu. karena anisa day cream kenyataannya mengandung mercury. ini testimony dari pihak anisa di websitenya. coba mbak cek. anisa yang ada notifikasi pom nya adalah anisa premium yang warna hitam sementara anisa yang lama belum ada notifikasi bp pom nya. perbedaannya anisa yang lama bahan pemutihnya mengandung mercury pada anisa yang baru menggunakan bearberry atau arbutin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. testimoni yg mana mbak?
      data yg saya dapatkan di atas itu lsg dr BPOM RI nya, dan saya bukan pakai anisa premium yg warna hitam, pakai yg paket travel biasa, dan itu ada no BPOM nya, dan no itu yg saya check di BPOM RI nya mbak, dan hasilnya annisa terdaftar di BPOM RI

      Tapi memang, sekarang udh gak pakai annisa lagi , lebih ke pembersih muka biasa aja :)

      Hapus
    2. Sblm juli 2012 anisa memang tdk trdftr di bpom. Nmr pom yg trcntum adlh nmr pom premium yg brarti anisa original yg wrna pot hijau dn ungu dicntumkn nmr pom palsu. Juni 2012 pihak anisa digerebek dan diaudit shga formula anisa diubah yg tdnya mngndung merkuri mjd free merkuri. Akan tetapi anisa formula lama yg kndungan merkurinya 9000ppm msh beredar di pasaran (wallahu'alam syp yg mbuat) dan h'ga saat ini ditemukan 5 jenis anisa formula lama dg pot dan wrna yg berbeda2 tetapi hampir mirip dg aslinya. Untk mnghndari krim anisa yg palsu maka pastikan ktika mbeli krim anisa anda temukan ciri2 berikut:
      1. Kemasan dus brwarna pink dan hijau yg terpisah tdk dlm 1 dus.dus kmsn hijau lama sdh tdk sgnakan lg. jk diberi kmsn dompet maka pastikan pot cream yg ada didlmnya memiliki etiket stiker yg mncantumkan tulisan merk, kmposisi, tgl kadaluarsa, nmr bpom dll. Pastikan pinggiran pot tidak polos
      2. Pot cream tersegel anisa asli
      3. Pot cream siang dan malam memiliki etiket stiker yang melekat di pinggiran pot dn berisi tulisan merk, no bpom, kode produksi dn kadaluarsa, komposisi, cara pakai dll. Jika pot cream yg anda lihat polos pinggirannya sdh bs dpstikan krim itu bermerkuri 9000ppm.
      4.Sabun wajah bernama greensoap,sitrosoap, atau redsoap (krn yg trdftr adalah nama tsb bkn nama "sabun herbal, sabun sereh, sabun rosela)" dn sabun tsb diproduksi pt. Adev utk cv.tekno bukan cv yg lain.
      5. Bentuk sabun bulat dengan cetak timbul logo+nama anisa ditengah sabun.
      Pastikan nomor pom utk anisa : Original (pot hijau ungu dg nmr bpom di sisi pot creamnya). Day (hijau) NA 18120101513 ori night (ungu) NA 18120101514. Premium ekslusive day NA 18120101515 Premium ekslusive night NA 18120101516

      Hapus
    3. makasih buat info nya, mungkin bisa bantu tmn2 yg lainnya :)

      Hapus
    4. KEZIA Skin Expert merupakan produk perawatan kecantikan asli Indonesia yang memberikan terobosan mutakhir untuk merawat kecantikan kulit dan wajah. Dibuat dari bahan-bahan alami tumbuhan berkualitas tinggi yang dipilih melalui seleksi yang sangat ketat sehingga mengasilkan produk perawatan kecantikan wajah yang berkualitas.

      Produk kecantikan ini sangat efektif untuk merawat,, melindungi, dan mengatasi berbagai macam permasalahan yang terjadi pada kulit wajah. Dengan menggunakan paket perawatan kecantikan KEZIA Skin Expert dapat membantu menjadikan kulit wajah anda lebih lembut, bersih, dan cerah merona.

      Produk-produk kecantikan KEZIA Skin Expert semuanya dibuat dari bahan alami 100% dan sudah terdaftar di BPOM, jadi produk ini sangat aman untuk digunakan sehari-hari dan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kecantikan wajah. Untuk informasi dan pemesanan produk ini silahkan hubungi :

      Susanti
      HP : 08221-309-8800
      Pin : 21E525EC
      http://keziaskinexpertbeauty.com

      Hapus
  4. beneran nih sis krim anisa aman??soalnya aq pake krim itu awalnya sih bersih tp sekarang jd byk komedo di pipiq..
    =(

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mungkin bisa di baca komen dr pena kebangkitann, mesti beli cream annisa nya yg teliti, krn byk beredar yg palsu

      Hapus
    2. setelah dihentikan pemakaian ada efek buruk nya ga sis?

      Hapus
  5. Mb sheila pake dan ngecek ke BPOM buat cream yang warna hijau itu bukan? mohon di bales yaa.. aku baru pake 2 hari nih.. belom ada efek apa2 sih.. tapi cuma jaga2 aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba ismi,, maaf yah baru bls, gmn?msh pake annisa?
      aku udh lama gak pake loh :p

      Hapus
    2. mba ismiana masih pakai anisa ga?

      Hapus
  6. hore, bermanfaat banget nih n_n nice shareee mba :3

    BalasHapus
  7. Nice info (y)
    Kakakku udah 1 setengah bulan pake krim anisa, mukanya alus kinclooong banget! Lalet aja kayaknya kepleset :p Aku jg jadi pengen coba :D
    Trims infonya. Ijin follow juga ah, follow back ya :D
    Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama marselina, udh aku follow back yah
      makasih udh maen2 ke blog aku

      Hapus
  8. mb sheila masih pake anisa? slama ini beli dimana say? boleh info?

    BalasHapus
  9. ane baru beli, terdaftar kok, barusan ane ngecek di www.pom.go.id.
    beli yang kemasan dompet hijau dan ungu sama sabun.

    BalasHapus
  10. hai...mba sela aq pake anisa original dan ada BPOM xa.tp hasilxa lambat sekali aq uda make krg lbh 2 bln kenapa ya,jd kya krg puas makexa.sdgkan yg ponaan sy bru2 minggu udah kinclog mukanya tp anisanya tdk ad BPOM nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ijin bales yaa... anisa yang gaaada bpom nya itu , anisa yang lama. Emang efeknya 2 minggu lgsg kinclong . Karena dia pake mercury. Saya pernah pake itu. 3 hari langsung berhenti , karena muka saya langsung merah dan mengelupas.. memang efek merkuri bisa memutihkan dan mengikis semua jerawat. Tp sangat berbahaya. Terimakasih

      Hapus
    2. Cream Wajah KEZIA Skin Expert

      KEZIA Skin Expert merupakan cream wajah terbaik yang dapat dijadikan solusi perawatan kecantikan wajah sehari-hari anda. Dibuat dari bahan-bahan alami tumbuhan berkualitas tinggi menjadikan produk ini mampu bekerja secara optimal untuk merawat dan melindungi kulit wajah.

      Jika anda sedang mencari produk perawatan kecantikan kulit wajah yang alami, aman, dan bagus untuk wajah maka produk KEZIA Skin Expert adalah solusi tepat untuk anda. Cream wajah terbaik yang mampu menjadikan kulit wajah anda lebih bersih, lembut, dan cerah merona.

      Diformulasikan secara khusus oleh ahli dermatology untuk kulit wanita Asia khususnya Indonesia, sehingga produk ini sangat cocok untuk jenis kulit wanita Indonesia. Cream wajah ini sudah terdaftar di BPOM sehingga sangat aman dan tidak perlu ragu lagi untuk menjadikan produk ini sebagai solusi perawatan rutin anda.

      Kami merupakan agen resmi produk kecantikan KEZIA Skin Expert yang melayani grosir dan retail. Untuk informasi dan pemesanan produk silahkan hubungi :
      TITI
      Pin BB 2B4BB3E0
      Call/Sms/WhatsApp +62818-622-589

      Hapus
  11. mba sheila, saya mau tanya sekarang uda ga pake creamnya kan?? setelah berenti pake cream annisa, efeknya gimana?? makasih infonya yah :)

    BalasHapus
  12. I do agrеe with аll of the iԁeas
    yοu have intгоduсeԁ fоr
    your роst. They аге
    reallу cοnvіncing and wіll definitely work.
    Still, the posts aге νеry short
    for nеwbies. Mау уou please prolong them a little from nехt time?
    Тhanks fог thе poѕt.


    Alѕo visіt my website ... туры в турцию

    BalasHapus
  13. Wonderful blog! І fοund it while broωsing
    on Yahoo Nеws. Dο уou have any suggeѕtions
    on how to get listed іn Yahoo Nеωѕ?
    I've been trying for a while but I never seem to get there! Appreciate it

    Also visit my blog: горящие путевки

    BalasHapus
  14. Can I sіmply ѕay what a сomfort to unсοver a ρеrson thаt genuinely underѕtanԁs ωhat they're talking about on the net. You actually understand how to bring a problem to light and make it important. More and more people have to look at this and understand this side of the story. I was surprised you are not more popular since you definitely have the gift.

    Feel free to surf to my blog post; горящие путевки

    BalasHapus
  15. This info is invaluable. Нow сan I find оut more?


    Feel freе to suгf to my ωebsite :: цены на авиабилеты

    BalasHapus
  16. Hati2 terhadap cream anisa palsu, cream anisa asli ada disini.

    BalasHapus
  17. saya pake cream anisa yang premium, tapi belum ketara hasilnya
    akhirnya beli lagi . dikasih yang pot nya kaca.
    kira kira itu asli apa engga ya?
    saya beli diseller yang sama.
    katanya sih sama ajah. menurut mba gmna ya?

    BalasHapus
  18. Salam Hormat,

    Sebelumnya kami ucapkan banyak terimakasih sudah diberikan kesempatan untuk mengisi kolom komentar. Ijinkan kami untuk memperkenalkan produk kecantikan baru DR Rochelle Skin Expert, produk diformulasikan dari
    bahan-bahan alami pilihan melalui seleksi yang ketat sehingga tercipta sebuah produk kecantikan yang dapat memenuhi kebutuhan wanita namun tetap mengutamakan kesehatan penggunanya.

    Mungkin beberapa dari anda sudah bosan menggunakan produk kecantikan yang berbagai macam jenisnya namun tidak ada hasilnya atau bahkan malah merusak kulit wajah anda, dan yang paling tidak kita inginkan adalah produk tersebut mengandung bahan kimia yang dilarang oleh BPOM karena memang dapat membahayakan kesehatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

    Namun kini anda tidak perlu khawatir lagi, karena produk-produk kecantikan Dr Rochelle Skin Expert dapat memberikan solusi yang terbaik bagi anda. Kulit wajah tampak putih dan bersih, namun tidak mempengaruhi kesehatan anda sedikitpun baik jangka pendek mauun jangka panjang.

    Produk ini sudah teruji dan terbukti efektif untuk membuat kulit lebih putih dan tidak kusam, sehingga wajah terlihat cantik alami, fresh, dan awet muda.

    Untuk informasi dan pemesanan anda bisa menghungi :
    Icha
    Pin BB 277A40D4
    Hp/WhatsApp 08112250969
    LINE kakaicha
    http://rochelleskinwhitening.com/

    Terimakasih

    Hormat Kami

    BalasHapus
  19. DOGI HANDYCRAFT TEKNIK & WASTE MANAGEMENT

    KAMI BELI BARANG BEKAS ANDA DENGAN HARGA KOMPETITIF :

    1. JERIGEN PUTIH BEKAS MINYAK GORENG SEGALA MERK 18 KG YANG BOCOR, BOLONG, DAN SUDAH TIDAK TERPAKAI RP. 4000 / BUAH.

    2. KAMPAS REM MOBIL DISC BRAKE / DRUM BRAKE ( TEROMOL )
    KAMPAS REM DEPAN BEKAS HARGA RP. 2500 / PASANG.
    KAMPAS REM BELAKANG TEROMOL BEKAS HARGA RP.4000 / PASANG.

    3. KAMPAS REM BEKAS MOTOR TEROMOL
    YAMAHA MIO HARGA RP. 5000 / PASANG.
    BEBEK HONDA, SUZUKI, KAWASAKI, PIAGGIO, YAMAHA, MOTOR CINA RP. 2500 / PASANG.
    RX-KING SERIES, NINJA SERIES, MEGA PRO SERIES, TIGER SERIES RP. 3000 / PASANG.

    4. DIBELI KAPAL KARGO / KAPAL TANKER / MV / TONGKANG 300 FEET , SYARAT KAPAL JELAS ADA TAHUN 1979 – 2005 + KAPAL TIDAK BERMASALAH + BERAT 2600 TON LEBIH + ADA SHIP PARTICULAR + CERTIFICATE OF NATIONALITY + SURAT LAUT + SPACE INCLUDE TONNASE + SURAT UKUR INTERNASIONAL + SURAT DEPHUB – DIRJENHUB LAUT + GROSSE AKTA DAN DOKUMEN ASLI DITUNJUKKAN SAAT KETEMUAN BILA INGIN LANGSUNG DIPROSES SAYA BELI DENGAN PEMBAYARAN DI KANTOR NOTARIS ! ! !

    5. BOTOL INFUS BEKAS UTUH YANG SUDAH TIDAK TERPAKAI RP.5500 / KG.

    6. GIR DEPAN + GIR BELAKANG + RANTAI MOTOR BEKAS HONDA, SUZUKI, KAWASAKI, YAMAHA, MOTOR CINA RP. 6000 / SET.

    7. GIR DEPAN + GIR BELAKANG + RANTAI MOTOR BEKAS MOGE / HARLEY DAVIDSON
    HARGA RP. 12000 / SET. JUMLAH LEBIH DARI 50 SET HARGA RP. CALL PLEASE...

    8. MINYAK GORENG BEKAS / JELANTAH SISA WARUNG, RUMAH MAKAN, KAFE, RESTAURANT, HOTEL, CATERING, PABRIK MAKANAN
    SUDAH DISARING + BERSIH DARI SISA GORENGAN + MURNI TIDAK DICAMPUR
    RP. 3500 / KG
    HARGA RP. 65000 / 1 JERIGEN FULL 18 KG.

    9. AKI MOTOR, MOBIL, GENSET, UPS, FORKLIFT, BULLDOZER TYPE APAPUN DALAM KEADAAN MATI, RUSAK, SOAK HARGA RP. 9000 / KG.

    10. DIBELI SEGALA MACAM BESI TUA ( ANDA SEBAGAI PENJUAL SEBUTKAN HARGANYA LANGSUNG, BERAPA JUMLAH, LOKASI SEBUTKAN, BARANG LEGAL, DOKUMEN LENGKAP). PEMILIK PRIBADI KETEMU LANGSUNG DENGAN SAYA !!

    11. TERIMA BONGKARAN RUMAH TUA, RUMAH GEDONG, VILLA, KOST2 AN, GUEST HOUSE, RUKO, GUDANG, PABRIK, HOTEL, GEDUNG, CAFE, RUMAH MAKAN, RESTAURANT, RUMAH SAKIT, RUMAH BERSALIN, KLINIK, BARAK ABRI, BARAK POLISI ( KHUSUS JABODETABEK & TANGERANG SELATAN )

    12. DIBELI PULUHAN / RATUSAN / RIBUAN PERALATAN EX KANTOR, PABRIK, HOTEL, DLL YG MATI / RUSAK BERUPA: HANDPHONE, PABX, KOMPUTER SET, MONITOR, SCANNER, PRINTER, UPS, AC BEKAS, SERVER, LAPTOP, GENSET, KURSI ( KHUSUS JABODETABEK & TANGERANG SELATAN )

    13. DIBELI PULUHAN / RATUSAN / RIBUAN DALAM KONDISI RUSAK / MATI HARDISK SATA KOMPUTER 250 – 500 Gb HARGA RP.13000/BUAH ( MAINBOARD MASIH ADA )

    KAMI JEMPUT BARANG ANDA & BAYAR TUNAI...
    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> SERIUS SELLER ONLY <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

    KAMI MENJUAL BARANG DENGAN HARGA KOMPETITIF:

    1. DIJUAL KALENG BEKAS MINUMAN POCARI SWEAT / COCA-COLA DLL.
    MINIMUM ORDER 100 KG GRATIS ONGKOS KIRIM JABODETABEK.
    PEMBAYARAN CASH.. LANGSUNG DIANTAR KE ALAMAT CUSTOMER.

    2. DIJUAL KALENG BEKAS MINUMAN POCARI SWEAT / COCA-COLA DSB DENGAN KUANTITI MULAI 10 TON S.D 200 TON PER BULAN :
    A. PRESS & NON PRESS
    B. GRATIS ONGKOS KIRIM SAMPAI PELABUHAN BANYUWANGI, JAWA TIMUR.
    C. PENAWARAN HARGA ANDA, AJUKAN KEPADA KAMI..

    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> SERIUS BUYER ONLY <<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

    KETERANGAN:
    KAMI TIDAK AKAN MELAYANI CALL / SMS / BBM BAGI ANDA YANG CUMA INGIN CEK HARGA & JUAL KUCING DALAM KARUNG !!!!

    MOTTO KAMI: WIN-WIN SOLUTION, ANDA JUAL KAMI BELI TUNAI.
    KAMI MENJUAL BARANG, ANDA SEPAKAT HARGA, KAMI KIRIM BARANG SESUAI ALAMAT CUSTOMER.

    HUBUNGI SEGERA
    089650091317 ( 24 JAM ONLINE )
    WHATS”APP 089650091317
    PIN BB 51964F90
    DHONY & TEAM

    Silahkan copy paste link berikut: http://www.dogihandycrafteknik.indonetwork.co.id/profile/dogi-handycraft-teknik-waste-management.htm

    BalasHapus
  20. Tapi itu kalo kita berhenti pemakayanya ada efek samping atau ketergantungan ngga kak??

    BalasHapus